Sunday, January 11, 2009

Imunisasi pertama


Damar telah berusia 7 hari, tibalah jadual imunisasi pertama sekaligus dilakukan test kandungan bilirubin dalam darah. Waktu pulang dari rumah sakit kandungan bilirubin nya 10,7. Masih termasuk normal sih tapi muka dan mata sudah terlihat kuning. Bila bilirubin mencapai lebih dari 12, biasanya bayi dianjurkan untuk dilakukan penyinaran dengan sinar biru. Cara alami untuk menurunkan bilirubin bisa dengan minum susu/cairan dan di jemur pada matahari pagi.

Sebenarnya kami cukup stress juga, maklum waktu lahir kan musim hujan sehingga untuk mendapat matahari pagi mesti berdoa dulu.....Padahal dalam kondisi normal matahari pagi yg berlebih tidaklah berarti apa-apa, namun bila sedang membutuhkan seperti sekarang ini sinar matahari bagaikan tidak ternilai harganya. Ternyata karunia Allah yang sangat besar telah diberikan kepada umat manusia walau kita tidak menyadarinya....dasar manusia ya...

Namun kami bersyukur juga sih, disela-sela hujan masih muncul matahari walau hanya sesaat dan kesempatan seperti ini tidak akan kami sia-siakan......

Setelah dilakukan pengujian darah hasilnya membuat kami lega, ternyata kandungan bilirubin Damar telah menurun menjadi 8,9. Masih cukup tinggi sih namun yang penting telah mengalami penurunan. Kami ngobrol panjang lebar dengan dr. Charless Hasibuan, SpA tentang tali pusar, penyakit kuning, imunisasi, ASI dll. Sebelum pulang Damar diberi imunisasi Polio dan Hypatitis B. Imunisasi Polio diberikan lewat tetes di mulut, kalau Hypatitis B lewat jarum suntik.

Cuma sayangnya kami kehabisan buku imunisasi yang biasa diberikan ke pasien, namun dr Charless cukup bijak juga dengan meminta maaf. hehe....mudah2an dimasa mendatang Rumah Sakit Permata Cibubur dapat memperbaiki kesalahan ini.

Mudah-mudahan Dik Damar selalu dilindungi Allah dan selalu dalam keadaan sehat....Amin

No comments:

Post a Comment